Kamis, 26 Mei 2011

KOPERASI " AMANAH BERSAMA"



Pembangunan koperasi mengalami kemajuan yang cukup mengembirakan jika diukur dengan jumlah koperasi, jumlah anggota, aktiva dan volume usaha.
Pada masa sekarang secara umum koperasi mengalami perkembangan usaha dan kelembagaan yang mengairahkan. Namun demikian, koperasi masih memiliki berbagai kendala untuk pengembangannya sebagai badan usaha. Hal ini perlu memperoleh perhatian dalam pembangunan usaha koperasi pada masa mendatang.
Untuk menumbuhkembangkan perekonomian kerakyatan yang berkesinambungan maka telah berdiri : Koperasi “AMANAH BERSAMA” yang beralamat di Ruko GMP, blok G, No. 6 Kel. Duriangkang, Kec. Sei Beduk, Batam mempunyai peran yang kedepan dapat dilihat dari kedudukannya sebagai koperasi yang mandiri dalam kegiatan ekonomi di sector usaha :
  1. Simpan Pinjam
  2. Jasa Pembayaran Rekening PLN, AIR, Telpon.
  3. Pengadaan Sembako
  4. Pemasaran Produk UMKM.
sehingga perlu menjadi fokus pengembangan ekonomi kerakyatan di kelurahan Duriangkang, Kecamatan Sei Beduk, Batam pada masa mendatang.
Pendirian koperasi ini digagas dan berdiri awal tahun 2011 dari semua lapisan yang terdiri dari seluruh Ketua RW dan RT serta tokoh-tokoh masyarakat se-kelurahan Duriangkang. Kecamatan Sei Beduk, Batam.
Dengan demikian orientasi peran koperasi “AMANAH BERSAMA”  kedepan adalah :
  1. Membangun dan mengembangkan potensi dan kemampuan ekonomi anggota pada khususnya dan masyarakat pada umumnya untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi dan sosialnya.
  2. Berperan serta aktif dalam upaya mempertinggi kualitas kehidupan manusia dan masyarakat.
  3. Memperkokoh perekonomian rakyat sebagai dasar kekuatan dan ketahanan perekonomian Kel. Duriangkang, Kec. Sei Beduk, Batam.
  4. Berusaha untuk mewujudkan dan mengembangkan perekonomian dan usaha bersama atas asas kekeluargaan dan demokrasi ekonomi.
Pada masa ini pembangunan koperasi “AMANAH BERSAMA” perlu mendapat perhatian, karena koperasi “AMANAH BERSAMA” tujuan berkelanjutan dan tersistem dan mempunyai prospektif  jatidiri Koperasi yang mempraktekkan  prinsip-prinsip koperasi  dalam organisasi dan usahanya.
Jika Koperasi  mampu mengimplementasikan jati dirinya, koperasi akan mandiri, mampu bersaing dengan kekuatan ekonomi lainnya, mampu memproduksi produk yang sesuai dengan kebutuhan pasar Sei Beduk khususnya dan Batam pada umumnya. 
Untuk itu butuh dukungan semua lapisan masyarakat dan dari kelurahan Duriangkang, Kecamatan Sei Beduk serta Instansi pemerintah terkait setempat. Karena pembangunan koperasi adalah proses yang memerlukan waktu panjang, konsestensi, komitmen  dan kesabaran yang cukup tinggi. Koperasi tidak bisa dibangun dalam waktu singkat.
Untuk Info lebih lanjut bisa dating langsung di kantor :
Koperasi
“ AMANAH BERSAMA”
Ruko GMP, Blok G, No. 6,
Telp. 081277082926, 081372201503, 081990810708,
Duriangkang, Sei Beduk,
Batam.

Tidak ada komentar: