Jumat, 01 Mei 2009

INOVASI ENERGI

Inovasi energi untuk menghemat energi dengan teknologi yang ramah lingkungan, efektif dan efisien terus dilakukan. Para produsen elekronik terus berlomba-lomba mencari terobosan untuk mendapatkan hasil yang maksimal dari daya yang minimal.

Efisiensi energi saat ini telah menjadi kebutuhan global, hal ini dapat terlihat dari persaingan para produsen elektronik untuk mempromosikan bahwa produk mereka adalah produk yang menghemat energi. Sebuah langkah untuk bersaing dengan pasar sekaligus melakukan memperkenalkan kepada masyarakat.

Bukan hanya produsen elektronik diidang arsitekturpun telah melakukannya sejak lama, karena mereka sadar bahwa factor hemat energi perlu diterapkan pada masyarakat modern sekarang ini. Sebuah contoh untuk menciptakan rancangan bangunan yang hemat energi dan ramah lingkungan. Bisa dibayangkan berapa besar energi yang dibutuhkan sebuah gedung pencakar langit untuk operasional sehari-harinya apabila didesain dan dibangun dengan tidak memperhatikan factor efisiensi energi, dan hasilnya tentunya pemborosan.

Contoh ringkas diatas adalah perilaku global dalam menghemat energi, hal ini yang mau tidak mau harus dilakukan oleh semua lapisan masyarakat, karena kebutuhan energi akan semakin besar sedangkan sumber energi yang berasal dari fosil pasti akan habis suatu saat nanti.

Bagaimana semua bias berjalan ? Semoga sekelumit tulisan diatas dapat menjadi inspirasi kita semua.

Tidak ada komentar: