Minggu, 23 Januari 2011

E T I K A

DEWASA ini kita merasakan turunnya kualitas etika di dalam masyarakat. Bahkan dalam segala aspek kehidupan degradasi ini pun muncul. Di jaman yang menjunjung tinggi kebebasan ini etika menjadi penjara bagi manusia untuk menunjukkan keberadaannya dan keakuannya.

Sesuai pengertiannya, etika berarti  mempelajari nilai atau kualitas mengenai standar dan penilaian moral. Etika mencakup penerapan seperti benar, salah, baik, buruk, dan tanggung jawab. Dari pengertian diatas jelaslah bahwa etika merupakan penilaian moral yang mencakup nilai benar, salah, baik, buruk dan tanggungjawab. Dan nilai-nilai diatas telah pudar dalam masyarakat dewasa ini.

Pengertian diatas juga menegaskan bahwa etika timbul dari kebiasaan, bila masyarakat enggan melakukan kebiasaan benar, baik dan bertanggung jawab maka etika yang baik yang telah terbentuk akan sedikit demi sedikit tergerus dan inilah yang terjadi pada bangsa ini, nilai-nilai kebenaran, kebaikan dan tanggung jawab tidak dijadikan sebagai kebiasaan mengakibatkan penurunan etika. Suap, korupsi, penghinaan, adalah akibat masyarakat tak beretika.

Untuk mengembalikan manusia menjadi manusia yang beretika baik, mari kita mulai dari diri kita sendiri untuk melakukan kebiasaan yang benar, baik dan bertanggung jawab. Salah satunya berkehidupan bermasyarakat, ketika kita diluar menjadi orang pemimpin tapi ketika sampai dirumah harus bisa melepas atriibut sebagai pemimpin, tapi masuk sebagai masyarakat. Dimana masyarakat ada seorang pemimpinnya, RT & RW, dengan melakukan hal itu kita telah melakukan etika yang baik sebagai masyarakat.

Tidak ada komentar: