Selasa, 20 Januari 2009

PERINGATAN TAHUN BARU HIJRIYAH 1430



Di Perum Pancur Biru 2 “Tahun Baru Hijriyah” memang tidak se-meriah Tahun Baru Masehi, padahal mayoritas penduduknya adalah muslim. Kenapa seperti itu ?. Karena Islam itu adalah agama yang tidak menganjurkan untuk berpoya-poya dan hura-hura kepada umatnya sehingga perayaan Tahun Baru Hijriyah terkesan tidak semeriah tahun baru masehi.

Namun sesuai dengan program dan jadwal serta komitment para pengurus masjid Al-Muhajirin beserta jajaran masyarakat maka pada Tahun Baru Hijriyah 1430 H ini mengadakan acara perlombaan dan pengajian akbar. Maka tepat pada hari Minggu, 18 Januari 2009 Ikatan Remaja Masjid ( IRMAS ) Al-Muhajirin selaku panitia beserta masyarakat RW. III Perum Pancur Biru Lestari II mengadakan acara “Gebyar Seni Islami” Muharram II 1430 H. Adapun acara ini merupakan agenda tahunan masjid Al-Muhajirin perum Pancur Biru Lestari II.

Apabila pada Muharram I 1429 H acara diisi oleh lomba antar Majelis Ta’lim ibu-ibu sekelurahan Duriangkang maka pada “Gebyar Seni Islami” Muharram II 1430 H yang dilaksanakan dari mulai pagi hingga sore diisi dengan perlombaan antar TPA – TPQ sekelurahan Duriangkang dan diikuti oleh :
o TPA - TPQ Al – Muhajirin
o TPA - TPQ Al – Hikmah
o TPA – TPQ Al – Mujahidin
o TPA – TPQ Al – Babusallam
o TPA – TPQ Al – Hijrah
o TPA – TPQ Al – Mushlihun
o TPA – TPQ Nurul Hidayah
o TPA – TPQ Darul Huda I
o TPA – TPQ Darul Huda II
o TPA – TPQ Betijanati
o TPA – TPQ Nurul Jannah
Dari 11 kontingen TPA – TPQ mengikuti 6 acara perlombaan, yaitu :
- Lomba Pawai Ta’aruf
- Lomba Adzan
- Lomba Juz Ama
- Lomba Sholawat Nabi
- Tartil Al-Qur’an
- Cerdas Cermat
Pada malam harinya selesai sholat Isya’ dilanjutkan dengan acara pengajian akbar diselengi dengan pengumuman pemenang masing-masing lomba dan pelantikan BKRMI Al-Muhajirin Perum Pancur Biru Lestari II yang dilakukan oleh Badan Komunikasi Remaja Masjid Indonesia ( BKRMI ) kota Batam. BKRMI Al-Muhajirin Perum Pancur Biru Lestari II merupakan motor untuk kelurahan Duriangkang dan Sei Beduk. Hal ini dikarenakan dikelurahan lainnya di Sei Beduk belum ada yang membentuk wadah untuk para remajanya.
Dalam acara ini juga dijadikan ajang silahturahmi para pejabat pemerintahan, para calon legeslatif dari beberapa partai politik dan masyarakat Perum Pancur Biru Lestari II. Tapi bapak Walikota Batam, beliau tidak bisa hadir dan diwakilkan oleh bpk Camat Sei Beduk. Hadir juga bpk. Lurah Duriangkang, Ketua Badan Komunikasi Remaja Masjid Indonesia ( BKRMI ) kota Batam.

Sambutan-sambutan :

Ketua IRMAS dan Ketua Panitia “Gebyar Seni Islami” Muharram II 1430 H masjid Al-Muhajirin perum Pancur Biru Lestari II Sdr. Sugiyono “Mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah memberi dukungan pada acara ini sehingga bisa terlaksana, tidak lupa mohon maaf apabila dalam pelaksanaan ada kekurang disana-sini”.
Pejabat pemerintahan yang diwakili oleh Bpk Camat Sei Beduk mengatakan “ Bahwa acara “Gebyar Seni Islami” Muharram II 1430 H masjid Al-Muhajirin perum Pancur Biru Lestari II agar bisa dilakukan secara berkesinambungan untuk tahun-tahun berikutnya” .
Bpk. Rachmadsyah Ramadhani MBA. MSc mewakili calon legeslatif mengatakan bahwa “ Acara ini mari dijadikan fundamental masyarakat untuk menyongsong FTZ yang akan diberlakukan dipropinsi kepulauan Riau”.
Mewakili masyarakat Bpk. Rajikin selaku Ketua RW. III kel. Duriangkang mengatakan : “ Dari acara ini bisa tersemai generasi bangsa yang Sholeh, Cerdas, Sehat dan peduli akan lingkungan disekitarnya”.

Pada puncak acara diisi oleh bapak Ustad Luqman Rifa’I, dalam ceramahnya bahwa Tahun Baru Hijriyah 1430 H adalah momentum untuk instrospeksi diri, artinya mengkoreksi diri menuju hidup yang lebih baik dibanding tahun-tahun sebelumnya, baik untuk dunia maupun akhirat kelak dan tidak lupa untuk selalu mensyukuri apa yang telah kita terima. Sehingga nantinya segala kenikmatan bisa kita rasakan dengan baik.

Acara ini ditutup dengan do’a dan para hadirin bersilahturahmi. Sukses selalu untuk IRMAS Al-Muhajirin dan seluruh masyarakat Perum Pancur Biru Lestari II, RW. III.

Tidak ada komentar: